Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beli Kendaraan Kredit, Pilih Pakai Leasing atau Bank. Berikut Keuntungan dan Kekurangannya

Rudimotor88.com - Saat ini kebutuhan kendaraan baik roda dua maupun roda empat sangat penting untuk menunjang semua aktivitas. seperti halnya kendaraan roda dua yang sangat dibutuhkan hampir setiap orang. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan spesifik dibahas mengenai kredit motor melalui leasing atau bank.

Diketahui bersama bahwa harga kendaraan roda dua semakin tahun semakin naik, ini tentu sangat menyulitkan bagi mereka yang ingin memiliki motor, terutama bagi mereka yang tidak memiliki tabungan yang banyak dan tidak bisa membeli kendaraan secara tunai.

Oleh sebab itu mau tidak mau harus membeli motor secara kredit. Nah, untuk membeli motor secara kredit tentunya kita harus memperhatikan dan menentukan mau pakai pembiayaan leasing atau Bank. hal ini wajib anda ketahui sebelum anda menentukan untuk membeli motor secara kredit. 

Berikut Keuntungan dan Kekurangan Membeli Motor Melalui Leasing atau Bank.

Semua perusahaan pembiayaan pastinya sudah memiliki aturan masing-masing. peraturan yang diterapkan oleh perusahaan pembiayaan tidaklah sama dalam arti kata, beda perusahaan pembiayaan beda juga aturannya. bahkan keuntungan dan kekurangan masing-masing juga berbeda-beda. Namun secara umum leasing dan bank memang berbeda. Bahkan leasing dengan leasingpun juga berbeda-beda, begitu pula dengan bank.

Pembiayaan Leasing.
1. Keuntungan Memilih Leasing Untuk Pembiayaan Kredit Kendaraan.

Ada beberapa keuntungan jika memilih pembiayaan leasing yaitu:
Proses pengajuan kredit kendaraan di leasing sangat cepat dan mudah. prosesnya 1-2 hari sudah ada hasil. Di-era digitalisasi saat ini pihak leasing pembiayaan sangat mudah mengecek data seseorang hanya dengan memasukkan nomor KTP dan nomor KK kartu keluarga saja maka semua data dan catatan yang terdahulu akan terlihat di sistem mereka.

Jika data anda benar-benar bagus dan ingin mengajukan kredit pakai leasing maka prosesnya akan sangat cepat bahkan terkadang tidak ada survey, akan tetapi hanya dilakukan konfirmasi melalui telepon saja.

Oleh sebab itu tak heran, jika pihak leasing memproses pengajuan kredit seseorang hanya memerlukan beberapa jam saja dan sudah keluar hasil baik di ACC maupun ditolak. 

Selain itu, persyaratan yang gampang dan gak ribet. leasing pembiayaan saat ini hanya membutuhkan KTP dan KK saja untuk memproses pengajuan kredit. akan tetapi sering juga pihak leasing meminta syarat tambahan seperti, slip gaji bagi yang berstatus karyawan swasta untuk berkas tambahan saja.

2Kekurangan Memilih Leasing Untuk Pembiayaan Kredit Kendaraan.

Berikut beberapa kekurangan jika memilih pembiayaan leasing.
Suku bunga pada pembiayaan leasing memang lebih tinggi. pada perhitungan suku bunga antara leasing satu dengan leasing lain sangat berbeda. meskipun banyak yang beranggapan ada leasing A lebih murah suku bunganya, atau leasing B lebih mahal suku bunganya. Namun secara umum suku bunga kredit melalui leasing lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan adanya biaya tambahan untuk cover asuransi yang sudah diikutkan dalam perhitungan angsuran. Oleh sebab itu setiap kredit kendaraan di leasing pasti akan di cover asuransi. Baik asuransi TLO maupun All-Risk.

Pembiayaan Bank
1. Keuntungan Memilih Bank Untuk Pembiayaan Kredit Kendaraan.

Ada beberapa keuntungan jika memilih pembiayaan Bank yaitu:
Suku bunga yang rendah, sehingga besaran angsurannya lebih ringan. perhitungan suku bunga yang lebih murah pada pembiayaan bank, menjadi senjata utama untuk menarik perhatian dan minat calon customer agar mau memakai pembiayaan lewat bank.

Selain itu keuntungan yang didapat jika menggunakan pembiayaan lewat bank adalah Ketika sewaktu-waktu anda ingin melunasi angsuran, Anda dapat melunasi pokok hutangnya saja tanpa harus membayar bunganya.

2. Kekurangan Memilih Bank Untuk Pembiayaan Kredit Kendaraan.

Berikut beberapa kekurangan jika memilih pembiayaan Bank.
Proses kredit yang sulit dan rumit. pengajuan kredit melalui bank memang dikenal lebih sulit dibanding leasing. Hal ini dikarenakan bank tidak memiliki kolektor penagih angsuran. Oleh sebab itu pihak bank lebih berhati-hati dan mengutamakan data yang baik saja.

Wajib dilakukan survey. pihak bank tentunya memerlukan berbagai macam dokumen data diri dari pemohon kredit sebagai persyaratannya. kemudian pihak bank melakukan pengecekan data secara sistem, apabila data di sistemnya bagus maka akan langsung dilakukan survei ke rumah.

Proses kredit melalui bank biasanya memerlukan waktu cukup lama antara 3 sampai 4 hari baru keluar hasil. Perlu jadi catatan bahwa pengecekan data Bank sudah terhubung di semua pembiayaan baik leasing maupun bank atau yang sering dikenal dengan BI checking.

Persyaratannya harus lengkap yaitu antara lain KTP dan KK, buku nikah, NPWP, slip gaji, surat domisili (bagi yang tempat tinggal tidak sesuai alamat KTP), lampirkan SIUP bagi yang wirausaha dan lain-lain.

Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan yang ada pada pembiayaan leasing atau pembiayaan bank.

Semoga artikel ini dapat menjadi panduan untuk kita semua dalam menentukan pembiayaan mana yang akan kita ambil ketika akan mengajukan kredit kendaraan. dalam hal ini baik pembiayaan leasing maupun pembiayaan bank tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Oleh sebab itu kembali lagi kepada anda mau pilih pembiayaan lewat leasing atau pembiayaan lewat bank. Jika Anda berminat untuk membeli motor Honda secara kredit, anda bisa menghubungi WhatsApp. 082371072221 (Marketing Motor Honda Semarang)
Terima kasih.