Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Motor Sering Mati di Jalan atau Dilampu Merah | Begini Cara Mengatur Stesionernya!!

Jika motor selalu mati pada saat berhenti dijalan atau berhenti dilampu merah, berarti pengaturan stasioner Nya terlalu rendah. Jadi harus dibesarkan sedikit. Supaya mesin bisa hidup dan stabil. Simak info lengkapnya berikut ini.

Setiap motor memiliki stasioner. fungsi dari stasioner sendiri adalah untuk mengatur pasokan udara yang masuk ke mesin sehingga mesin bisa hidup dengan stabil.

Lalu Bagaimana cara menyetel stasioner agar mesin motor tidak mati. caranya sangat gampang simak berikut ini penjelasannya.

Letak stasioner pada motor tentunya berbeda-beda. Jadi antara tipe motor satu dengan tipe motor yang lain berbeda-beda. seperti halnya pada Honda Vario 150 dan 125, lokasi stasioner nya cukup mudah untuk dijangkau. Tidak perlu membuka body motor, caranya yaitu kita lihat dari sisi sebelah kiri kemudian ke dalam bagian mesin nanti ada tombol stasioner yang bisa diputar dengan jari. 

Pada saat menyetel stasioner mesin harus dalam keadaan hidup. Pada tombol stasioner jika diputar ke arah sebelah kiri maka suara mesin akan lebih kecil bahkan bisa mati. jika diputar ke arah sebelah kanan maka suara mesin akan lebih besar.

Oleh sebab itu pengaturan stasioner haruslah diatur secara stabil, agar mesin motor tidak cepat mati ketika berhenti sebentar di jalan atau di lampu merah.

Oleh sebab itu jika kondisi motor Anda pada saat berhenti di lampu merah dan mesin tiba-tiba mati maka anda harus menyetel ulang stasioner pada motor Anda agar mesin stabil dan tidak mati lagi.
Agar lebih jelas, simak video berikut ini cara untuk menyetel stasioner pada motor dengan mudah

https://youtu.be/a2GpR5OrsCQ