Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AWAS BAHAYA!!. BEGINI CARA CEK KAPAN OLI MOTOR KAMU HARUS GANTI

Rudimotor88.com - Oli atau Pelumas memiliki fungsi vital guna mendinginkan dan menghindari terjadinya benturan antara komponen yang ada dalam mesin.

Mengganti oli secara rutin menjadi kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap pengendara motor. Ini semua demi menjaga agar kondisi mesin tetap terjaga dan lebih awet serta menghindari terjadinya kerusakan pada komponen tertentu.


Nah bagaimana jika saat penggantian oli kita lupa mencatat kapan terakhir kali melakukan penggantian oli. Jangan khawatir, begini penjelasannya.



Jika lupa kapan waktu penggantian oli, kita bisa mengecek kondisinya atau tingkat kekentalan oli tersebut. Pengecekan bisa dilakukan dengan stik pada tutup oli mesin. Pada stik tersebut biasanya ada takaran oli yang ditunjukkan melalui garis-garis ukuran pada stik. Hal ini dilakukan agar kita dapat mengetahui volume oli yang tersisa pada mesin. Apabila sudah berkurang, sebaiknya segera dilakukan penggantian oli.



Tak hanya itu, pengecekan kualitas oli mesin juga bisa dilihat dari tingkat kekentalan oli. Jika kondisi oli sudah hitam dan kental itu menandakan oli sudah tidak bagus, sebaiknya segera lakukan penggantian. Tetapi, jika oli masih encer seperti saat pertama kali dituang berarti masih bagus.


Menjaga kondisi oli mesin ini sangat penting untuk menjaga komponen mesin. Bagi temen-temen pemilik motor agar jangan lalai untuk melakukan penggantian. Karena jika sampai kehabisan oli mesin akibatnya bisa fatal, banyak komponen yang akan mengalami aus atau rusak parah sehingga harus diganti. Seperti komponen ring piston, poros engkol, piston dan bagian yang lainnya.


Jika kondisi itu terjadi maka motor harus dilakukan pembongkaran mesin. Biayanya pun tidak sedikit, karena bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh sebab itu harus lebih rutun dalam melakukan pengecekan dan mengganti oli mesin agar tidak menjadi masalah yang besar.

Terimaksih